jasa membuat blog

Materi SD: Pertanyaan Tingkat Rendah dan Tingkat Tinggi: Update Terbaru

Diposting oleh On April 22, 2016

Tampilan Materi SD: Pertanyaan Tingkat Rendah dan Tingkat Tinggi::
http://ift.tt/1Tn5cco

Materi SD: Pertanyaan Tingkat Rendah dan Tingkat Tinggi:
Pelaksanaan pembelajaran di kelas merupakan proses yang sangat menentukan keberhasilan tujuan pendidikan. Dalam pembelajaran di kelas guru dituntut untuk mempunyai kemampuan untuk mengelola kelas agar semua proses yang tengah berjalan dapat dengan baik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan. Salah satu kelemahan dalam pembelajaran selama ini adalah kelemahan guru itu sendiri  dalam membuat pertanyaan yang berkualitas atau seringkali anak tidak diajak untuk berpikir aktif, kreatif, serta menyenangkan anak.

Hal tersebut sering terjadi, dikarenakan mulai dari dahulu saat anak masih duduk di kelas 1 (satu) tidak dibiasakan untuk berlatih bertanya pada bapak/ibu gurunya. Proses belajar yang aktif pada saat ini mencoba di kembangkan dengan penerapan kurikulum 2013,  diharapkan akan mampu memacu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Diharapkan kedepan guru dan siswa dapat bersama-sama aktif, sehingga di harapkan pembelajaran dapat berlangsung dua arah, dengan keaktifan siswa di bawah panduan dan arahan guru sebagai moderator. Maka salah satu hal penting yang harus di perhatikan adalah kemampuan guru dalam memberikan pertanyaan. Pertanyaan akan sangat menentukan bagaimana tanggapan siswa, apakah siswa akan bersikap biasa biasa saja, apakah siswa akan menjadi tertarik atau bahkan apakah siswa akan menjadi sangat aktif karena pertanyaan si guru.

Tentu saja dalam hal pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para guru membuat anak berpikir secara sepihak, artinya anak hanya menjawab sesuai dengan jawaban dari kehendak guru, dan apabila anak menjawab guru juga tidak memberikan peluang untuk membuat atau menyusun kalimat jawaban sesuai kebiasaan si anak.

Pertanyaan secara garis besar dapat digolongkan menjadi 2 (dua) yaitu:
  1. Pertanyaan tingkat rendah (pertanyaan tertutup)
  2. Pertanyaan tingkat tinggi (pertanyaan terbuka)

Coba kita lihat beberapa bentuk pertanyaan guru berikut:
  1. Apa warna jeruk itu?
  2. Apakah ada beda jumlah irisan jeruk pada jeruk kecil dan besar?
  3. Berapa jumlah 2+4+6+5?
  4. Berapa macam penjumlahan yang bisa di bentuk dari angka 2,4,6,5?
  5. Apa warna bendera Indonesia?
  6. Kenapa Bangsa Indonesia benderanya warna merah putih?

Untuk beberapa pertanyaan di atas kita bisa melihat bahwa akan ada beberapa bentuk tanggapan. Pada pertanyaan 1, 3, 5, kita akan menemukan bahwa anak cenderung akan dengan mudah menjawab, kuning, hijau, orange bu, jumlah 2+4+6+5 ada 17, dan warna bendera kita merah putih. Mereka akan dengan cepat mampu menjawab untuk pertanyaan pertanyaan demikian. Namun coba mari kita lihat pertanyaan 2, 4 dan 6. Siswa akan berpikir dan berbuat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Misal untuk menjawab perbedaan jumlah irisan pada jeruk maka siswa harus mencari jeruk dari kecil sampai besar dan kemudian membelahnya dan membukanya dan lalu menghitung satu demi satu. Demikian juga untuk pertanyaa kenapa bendera kita merah putih, siswa akan mencari literature dan membuka buku atau internet dan melihat sejarah masa perjuangan Indonesia.

Dari beberapa contoh pertanyaan di atas yang paling penting adalah bahwa pertanyaan haruslah menginspirasi  siswa untuk berbuat dan berpikir lebih jauh. Bentuk pertanyaan sangat menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran yang di laksanakan. 

Materi SD: Pertanyaan Tingkat Rendah dan Tingkat Tinggi: Produktif VS Tidak produktif, biasanya dalam mata pelajaran IPA (mendorong mengamati, mencoba, menyelidiki). Imagine VS Faktual, Pertanyaan Imagine merangsang siswa untuk berpikir jauh dari sekedar apa yang terlihat dalam informasi. Tipe pertanyaan ini biasanya dalam mata pelajaran Indonesia, Inggris, IPS. Terbuka VS Tertutup, pertanyaan terbuka contohnya adalah pertanyaan pada mata pelajaran matematika, membuat siswa berpikir banyak kemungkinan jawaban yang bisa di capai dari beberapa angka.
Biasanya banyak kita jumpai dalam pertanyaan mata pelajaran Matematika dan IPS.

Inilah yang di maksud guru harus mampu membuat pertanyaan cerdas untuk keberhasilan pembelajaran di kelas, agar siswa dapat bangkit motivasi dan keingintahuannya sehingga jika proses tersebut dapat terus di laksanakan akan menghasilkan siswa yang cerdas dan berkualitas. Tak Salah jika ada yang menyatakan "Jika anda mengajukan pertanyaan dengan baik maka sungguh anda telah mengajar dengan dengan baik."
Dari uraian di atas tentu saja kita sebagai pendidik haruslah membuat anak didik kita untuk berpikir secara leluasa, sehingga pada ujung pembelajaran atau akhir pembelajaran kesimpulan dari berbagai pertanyaan, jawaban dapat kita ambil sebuah kesimpulan yang beragam.
Itulah sebabnya timbul penyusunan pertanyaan yang disebut Materi SD: Pertanyaan Tingkat Rendah dan Tingkat Tinggi.

Apabila dari penjelasan di atas masih juga belum puas silahkan miliki dokumen beberapa contoh pertanyaan tingkat rendah dan tingkat tinggi DI SINI

Demikian penjelasan singkat referensi saya tentang Materi SD: Pertanyaan Tingkat Rendah dan Tingkat Tinggi. Harapan semoga referensi ini dapat membawa bapak/ibu guru menyampaikan materi di Sekolah Dasar.

Sekian terima kasih atas kunjungannya.


dari SD NEGERI 1 ASEMRUDUNG

Sumber: http://ift.tt/1TudpKC

"
"
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »