jasa membuat blog

Download: Model Susunan Kurikulum SD KTSP Tahun Pelajaran 2016/2017 Update Terbaru

Diposting oleh On July 11, 2016

Tampilan Download: Model Susunan Kurikulum SD KTSP Tahun Pelajaran 2016/2017:
http://ift.tt/29QkOIu

Dalam istilah pendidikan Kurikulum mempunyai fungsi dan peran sangat penting. Hal ini dikarenakan kurikulum dalam istilah sederhana merupakan sejumlah mata pelajaran di sebuah jenjang pendidikan yang harus diselesaikan oleh seorang pengajar beserta siswa sampai dengan memperoleh Ijazah.

Sedangkan dalam istilah lain kurikulum mengandung makna yaitu sebuah susunan ketentuan yang tersusun di awal pelajaran untuk sebuah acuan ketercapaian perjalanan pendidikan di sekolah.
File Unduhan: Model Susunan Kurikulum SD KTSP
Fungsi kurikulum secara umum antara lain:
  1. Fungsi Penyesuaian; karena individu hidup dalam lingkungan , sedangkan lingkungan tersebut  senantiasa berubah dan dinamis, maka setiap individu harus mampu menyesuaikan diri secara dinamis. Dan di balik lingkunganpun harus disesuaikan dengan kondisi perorangan, di sinilah letak fungsi kurikulum sebagai  alat pendidikan menuju individu yang well adjusted.
  2. Fungsi Integrasi; kurikulum  berfungsi mendidik pribadi-pribadi yang terintegrasi. Oleh karena individu itu sendiri merupakan bagian integral dari masyarakat, maka pribadi yang terintegrasi itu akan memberikan sumbangan dalam rangka pembentukan atau pengintegrasian  masyarakat. 
  3. Fungsi Deferensiasi; kurikulum perlu memberikan pelayanan terhadap perbedaan- perbedaan perorangan dalam masyarakat. Pada dasarnya deferensiasi akan mendorong  orang berpikir kritis dan kreatif, dan ini akan mendorong kemajuan sosial dalam masyarakat.
  4. Fungsi Persiapan; kurikulum  berfungsi mempersiapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk jangkauan  yang lebih jauh atau terjun ke masyarakat. Mempersiapkan kemampuan sangat perlu, karena sekolah tidak mungkin memberikan semua apa yang diperlukan atau semua  apa yang menarik minat mereka. 
  5. Fungsi Pemilihan; antara keperbedaan dan pemilihan mempunyai hubungan yang erat.Pengakuan atas perbedaan berarti pula diberikan kesempatan bagi seseorang untuk memilih apa yang  dinginkan  dan menarik minatnya. Ini merupakan kebutuhan yang sangat ideal bagi masyarakat yang demokratis, sehingga kurikulum perlu diprogram secara fleksibel.
  6. Fungsi Diagnostik; salah satu segi pelayanan pendidikan adalah membantu dan mengarahkan para siswa agar mereka mampu memahami dan menerima dirinya sehingga dapat mengembangkan  semua potensi yang dimiliki. Ini dapat dilakukan bila mereka menyadari semua kelemahan dan kekuatan yang dimiliki melalui eksplorasi dan prognosa. Fungsi  kurikulum dalam mendiagnosa dan membimbing siswa agar dapat mengembangkan potensi siswa secara optimal.

Fungsi kurikulum secara praktis adalah:
  1. fungsi Kurikulum bagi sekolah adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan sekaligus sebagai pedoman aturan kegiatan pendidikan
  2. Fungsi Kurikulum bagi sekolah adalah untuk menjamin pemeliharaan proses pendidikan
  3. Fungs Kurikulum bagi masyarakat sebagai pemakai lulusan

Secara gamblang Model susunan Kurikulum SD KTSP dapat di download di bawah ini:

Model Susunan Kurikulum  link download atau Unduh di sini

Demikian yang dapat saya jelaskan pada posting kali ini yang membahas tentang Model Susunan Kurikulum SD KTSP semoga bermanfaat.


dari SD NEGERI 1 ASEMRUDUNG

Sumber: http://ift.tt/1TudpKC

"
"
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »