jasa membuat blog

Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 | Kemendikbud Update Terbaru

Diposting oleh On April 23, 2016

Tampilan Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 | Kemendikbud:
http://ift.tt/1MPtU5P

Sejarah Pendidikan di Indonesia telah berdengung di seluruh Dunia semenjak Tokoh Pendidikan Nasional kita yaitu Bapak Ki Hajar Dewantoro - sehingga di setiap tanggal 2 Mei diperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Dalam serangkaian pelaksanaan kegiatan Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 sebagai berikut:
  1. Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 diperingati selama satu bulan penuh pada bulan Mei sebagai Bulan Pendidikan dengan konsep gerakan bersama yang melibatkan semua unsur masyarakat dengan tema pokok "Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita".
  2. Rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 diawali dengan pelaksanaan upacara bendera secara serentak pada hari Senin, 2 Mei 2016 pukul 08.00 waktu setempat di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama, Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, pemerintah daerah, seluruh unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan seluruh institusi penyelenggara pendidikan di Indonesia yang akan diatur lebih lanjut dalam pedoman pelaksanaan upacara bendera.
  3. Peringatan Hari Pendidikan Nasional disemarakkan dengan kegiatan-kegiatan yang dirancang dalam tema yang berbeda di setiap minggunya selama bulan Mei. Adapun tema-tema setiap minggunya adalah sebagai berikut:

Minggu ke-1
Sub Terna : "Kembali ke Sekolah"
Contoh Kegiatan: 
1. Profesi Kembali ke Sekolah
2. Muliakan Guru
3. Bantu Sekolah
4. Peningkatan Minat dan Daya Baca

Minggu ke-2
Sub Terna : "Ekspresi Merdeka"
Contoh Kegiatan: 
1. Tunjukkan Ekspresi Merdekarnu
2. Buah Pendidikan dan Kebudayaan
3. Pahlawan Pendidikan dan Kebudayaan

Minggu ke-3
Sub Terna : "Anak adalah Bintang"
Contoh Kegiatan: 
1. Karya Anak
2. Suara Anak
3. Petualangan Anak

Minggu ke-4
Sub Terna : "Sernua Murid, Sernua Guru"
Contoh Kegiatan: 
1. Sernua Murid, Semua Guru
2. Gotong Royong untuk Pendidikan dan Kebudayaan

4. Puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Mei 2016 di Jakarta dengan rnelibatkan para kornunitas pegiat pendidikan dan rnasyarakat.

5. Untuk lebih rnernupuk rasa patriotisrne, selain rnengadakan upacara bendera, panitia nasional peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 akan rnelakukan ziarah ke makarn Ki Hadjar Dewantara di Yogyakarta. Berkenaan dengan itu, dihirnbau kiranya Gubernur dan Bupati/Walikota juga berkenan rnelakukan ziarah ke taman rnakam pahlawan di wilayah masing-rnasing.

6. Agar lebih rnernaknai Peringatan Hari Pendidikan Nasional, dihirnbau kepada rnasingmasing institusi untuk rnelaksanakan kegiatan yang rnendukung peningkatan rnutu pendidikan sesuai dengan sernangat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 ini dan untuk rnenyernarakkannya diharapkan rnasing-masing institusi rnernasang spanduk dengan terna tersebut di atas.

Panduan selengkapnya bisa didapat DI SINI atau juga download DI SINI

Semoga bermanfaat ...


dari SD NEGERI 1 ASEMRUDUNG

Sumber: http://ift.tt/1TudpKC

"
"
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »